Visitor

Minggu, 11 Desember 2011

Pisang -Sumber Energi Instan-

Pisang sejak lama dikenal sebagai buah yang lezat, bergizi dan berkhasiat untuk kesehatan. Pisang merupakan sumber vitamin C yang baik, juga kaya akan vitamin B6 yang penting untuk pembentukan antibodi dalam sistem ketahanan tubuh, pemeliharaan sistem saraf pusat, membantu metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat sehingga mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari. 

Keunggulan lain pisang adalah kandungan energinya merupakan energi instan yang mudah tersedia dalam waktu singkat sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap pula. Karbohidrat pisang juga berfungsi sebagai cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh. Alasan itulah yang menyebabkan pisang sangat dianjrkan untuk dikonsumsi para olahragawan sebelum melakukan atau setelah berolahraga.  

Selain untuk olahragawan, pisang juga baik dikonsumsi oleh para pekerja yang sedang lembur atau para pelajar yang hendak belajar baik itu ujian atau sekadar belajar sehari-hari. Setelah bekerja keras atau berpikir, selalu timbul rasa kantuk atau lapar. Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi sehingga aktivitas secara biologis juga menurun. Gula yang terkandung dalam pisang merupakan gula buah (fruktosa) dan mempunyai indeks glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa. Fruktosa sangat baik sebagai cadangan energi karena sedikit lebih lambat dicerna tubuh dibandingkan dengan glukosa sehingga fruktosa mampu menyediakan glukosa secara bertahap. Tubuh tidak mudah kekurangan energi karena konsumsi pisang dapat mempertahankan suplai energi ke otak. Pisang juga cocok lho bagi orang yang ingin diet karena tubuh jadi tidak mudah lapar ;) Sehat itu murah bila Anda mau menjaganya, salah satunya masukan pisang ke dalam menu makan Anda sehari-hari. It's Easy, isn't it? :D

Jangan lupa mampir ya ke RieFresh. All our fruits is fresh :D 
Alamat Rie Fresh:
Perumahan Taman Dramaga Permai 2 & 3
Cibanteng Proyek, Ciampea, Bogor

Sumber: Buku 'what is in your food, rahasia di balik makanan'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar